Penulis
Kesit Kusumo

7 Tips Apple Watch Sebelum Berolahraga Lari

Perpanjang masa pakai baterai, tingkatkan pelacakan, tetapkan goal, dan tips-trik Apple Watch lainnya untuk membantu Anda memaksimalkan aktivitas Anda

7 Tips Apple Watch Sebelum Berolahraga Lari

Apakah Anda seorang pelari berpengalaman? atau baru saja memulai aktivitas jogging? Apple Watch hadir untuk membantu Anda.

Jika Anda terbiasa melacak aktivitas lari Anda di aplikasi smartphone, Apple Watch akan membantu meringankan beban Anda. Nike + Run Club, Runkeeper, dan Strava hanyalah beberapa aplikasi utama yang berjalan dan tersedia di Apple Watch, memungkinkan Anda meninggalkan smartphone. Tetapi jika Anda tidak terikat dengan aplikasi yang menjalankan pihak ketiga apa pun itu, aplikasi builtin di Apple Watch memiliki sebagian besar fitur yang Anda perlukan untuk mencatat durasi dan jarak lari dan membuat Anda tetap termotivasi saat Anda berlari. Anda hanya perlu tahu cara menemukan dan menggunakannya.

Berikut adalah beberapa tips-trik untuk membuat Apple Watch menjadi teman berlari yang lebih baik.

Perbarui profil Anda

Hal pertama: Pastikan Apple Watch tahu siapa Anda. Dalam hal ini berarti jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, usia - pada dasarnya semua indikator bahwa jam tangan harus secara akurat mengukur jarak dan kalori yang dibakar.

Anda mungkin telah mengatur ini di aplikasi Kesehatan Anda saat pertama kali mengatur Apple Watch, tetapi jika Anda belum atau jika berat Anda telah berubah sejak saat itu, pastikan bahwa profil Anda memiliki semua info yang tepat.

Buka aplikasi Watch di smartphone Anda dan pilih tab My Watch di bagian bawah, lalu pergi ke Health, dan tekan Edit di kanan atas untuk membuat perubahan.

7 Tips Apple Watch Sebelum Berolahraga Lari

Kalibrasi Apple Watch

Bagian penting lain dari tahap "mengenal Anda" adalah kalibrasi jam tangan ke kecepatan dan mulai berlari untuk mendapatkan pembacaan jarak yang lebih akurat.

Jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, Anda mungkin ingin memulai dari awal. Buka tab My Watch dari aplikasi Watch di smartphone Anda dan klik Privacy dan pilih "Reset Fitness Calibration Data".

Untuk mengkalibrasi ulang, Apple menyarankan Anda memperhatikan jogging di area terbuka datar di mana Anda mendapatkan penerimaan yang baik. Pengguna Seri 1 mewajibkan membawa smartphone bersama dengan Anda pada saat lari pertama. Selanjutnya Anda harus memulai lari di luar ruangan atau berjalan di aplikasi Workout pada Apple Watch dan lakukan setidaknya selama 20 menit. Jika Anda tidak memiliki waktu 20 menit, Anda juga dapat melakukannya dalam interval 5 atau 10 menit, cukup ketahui bahwa Anda perlu mencapai total 20 menit untuk kalibrasi secara akurat.

Setelah Anda login senilai 20 menit awal, Anda dapat mematikan telepon dan melanjutkan rute yang biasa Anda jalankan. Arloji akan terus belajar tentang langkah Anda dan kalibrasi dari waktu ke waktu.

Kencangkan band Apple Watch

Setelah Anda melangkah dan menghitung jarak, Anda harus memastikan Anda mendapatkan pembacaan detak jantung yang akurat. Apple Watch menggunakan denyut jantung (bersama dengan metrik lainnya) untuk menghitung kalori yang dibakar, dan gadget dapat digunakan untuk membantu Anda memeriksa selama pelatihan. Tetapi, sensor denyut jantung harus bersentuhan langsung dengan permukaan kulit Anda untuk mendapatkan pembacaan yang akurat, yang berarti Anda mungkin harus mengencangkan band sebelum Anda melakukan jogging untuk memastikan Apple Watch tetap di tempatnya saat Anda berayun lengan. Jangan telalu ketat ke tangan Anda dan kendurkan kembali setelah Anda selesai berolahraga.

Ini juga dirancang untuk bekerja terbaik di atas pergelangan tangan Anda, sehingga menempatkan sensor di sisi bawah pergelangan tangan Anda. Jika Anda ingin lebih tepat lagi dengan bacaan Anda, Anda dapat memasangkannya dengan monitor detak jantung eksternal.

7 Tips Apple Watch Sebelum Berolahraga Lari

Sesuaikan metrik pengukuran

Di luar ruang, Apple Watch dapat mengawasi delapan metrik yang berbeda, mulai dari rata-rata hingga peningkatan ketinggian, tetapi itu tidak berarti Anda harus melihat semua info itu di layar saat Anda berlari. Cari tahu angka-angka yang membuat Anda terpompa, lalu sesuaikan antarmuka Workout Anda dari aplikasi Watch di smartphone Anda.

Scroll ke bawah ke opsi Workout di tab My Watch pada iPhone Anda, dan begitu Anda masuk, klik pada Tampilan Workout di bagian atas. Selanjutnya, pilih opsi Outdoor (atau Dalam Ruangan), klik Edit pada sisi kanan atas dan tambahkan, hapus atau atur ulang sesuai keinginan Anda. Anda hanya dapat melihat lima metrik sekaligus.

Menentukan tujuan

Anda juga dapat menetapkan sasaran sebelum setiap lari dari aplikasi Workout di Apple Watch. Klik tiga titik di samping Type of Run yang Anda pilih dan tetapkan sasaran berdasarkan jarak, kalori, atau waktu.

Aktifkan Waktu Jeda Otomatis (Auto-Pause)

Fitur ini sangat penting untuk tetap mengelilingi kota tanpa harus menyesuaikan Watch Anda di setiap berhenti di penyeberangan lampu lalu lintas. Anda dapat mengaktifkan Jeda Otomatis dari aplikasi Watch dari smartphone Anda atau langsung di Apple Watch sendiri, jadi pilihlah yang menurut Anda nyaman.

Pada Watch, buka Settings/General/Workout, dan aktifkan Jeda Otomatis. Jika Anda menggunakan aplikasi Watch di iPhone, pilih tab My Watch, Workout, dan toggle Running Auto Pause. Ini berfungsi untuk berlari di luar ruangan dan di atas treadmill, sehingga lampu berhenti atau jeda air tidak akan menurunkan waktu dan kecepatan Anda selama berlari.

7 Tips Apple Watch Sebelum Berolahraga Lari

Maksimalkan masa pakai baterai

Baterai Apple Watch bisa mati sebelum Anda menyelesaikan lari - yang berarti lari tidak akan muncul di log aktivitas Anda!

Jika kapasitas baterai tersisa sedikit, coba aktifkan Mode Hemat Daya sebelum Anda mulai. Ini berbeda dari opsi Power Reserve yang Anda dapatkan ketika Anda turun hingga 10 persen, yang pada dasarnya mematikan semua fitur selain waktu. Mode Hemat Daya adalah langkah pencegahan yang akan membantu memperpanjang masa pakai baterai sambil tetap mempertahankan sebagian besar fitur pelacakan.

Untuk mengaktifkan Mode Hemat Daya dari Apple Watch, buka Settings/General/Workout dan alihkan opsi Mode Hemat Daya. Anda juga dapat melakukan ini dari aplikasi Watch di iPhone Anda dan nonaktifkan setelah Anda selesai menggunakannya.

Anda mungkin melihat sedikit variasi dalam kalori yang terbakar karena mode ini juga menutup sensor denyut jantung, tetapi tetap harus memberi Anda pembacaan yang akurat tentang lari Anda.

Update ke WatchOS 5

Pelari juga akan mendapatkan seperangkat fitur baru di WatchOS 5 untuk memulai pelatihan. Pembaruan yang diharapkan akan diluncurkan pada bulan September akan menambah irama (langkah per menit) dan kecepatan mil putaran (seberapa cepat Anda berlari mil sebelumnya) ke daftar metrik untuk melacak pada sebuah run. Ini juga akan membawa peringatan kecepatan khusus (melalui masukan haptic) ketika Anda sedang berjalan menurun atau mananjak naik di atas kecepatan target Anda.

Tags: tips apple watch, olahraga lari dengan apple watch, apple watch

Dipos pada tanggal: 2018-07-30 19:41:19 Kategori: Tips & Trik - Tips Hardware
Tentang Penulis

Seorang pengembang web Indonesia. Saat ini masih berstatus sebagai pelajar di Universitas Brawijaya.

Kesit Kusumo

Komentar